PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MOTION GRAPHIC PADA MATERI PETA DAN KOMPONENNYA
Abstract
Media pembelajaran merujuk pada elemen penting dalam konteks kegiatan belajar mengajar. Inovasi dalam media pembelajaran memiliki potensi untuk meningkatkan aspek-aspek tertentu dari proses pembelajaran, termasuk pemahaman konsep, efisiensi pembelajaran, percepatan akuisisi pengetahuan, dan intensifikasi interaksi pembelajaran. Pembelajaran di SD Negeri Talun baik namun terkadang kurangnya inovasi media pembelajaran membuat pembelajaran menjadi kurang menyenangkan alhasil siswa sulit memahami materi dan merasa bosan. Salah satu bentuk inovasi dalam media pembelajaran adalah video pembelajaran motion graphic. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran, untuk mengetahui kelayakan media dan untuk mengetahui respon siswa kelas IV di SD Negeri Talun terhadap media pembelajaran motion graphic. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah R&D ( Research and Development ) dengan menggunakan model pengembangan 4D ( Define, Design, Development and Disseminate ). Partisipan penelitian terdiri dari dosen ahli dibidangnya, siswa kelas IV di SD Negeri Talun dan guru wali kelas yang bertanggung jawab atas pengajaran di kelas yang menjadi fokus penelitian. Penelitian dilaksanakan di satu institusi pendidikan dasar yang berlokasi di Jl. Talun Kidul RT 03 RW 05, Talun, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang, Jawa Barat yaitu SD Negeri Talun. Metode pengambilan data dan analisis data dalam penelitian ini mencakup observasi, dan kuesioner. Dengan intrumen penelitian berupa lembar uji validasi dan kuesioner respon siswa. Media pembelajaran ini dikembangkan melalui bantuan aplikasi Canva Pro dan KineMaster. Hasil uji validasi kelayakan video pembelajaran motion graphic ini mencapai persentase 85,8% dengan kategori “sangat layak”. Hasil respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran motion graphic mencapai persentase 85,2% dengan kategori “sangat positif”. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran motion graphic pada materi peta dan komponennya dapat digunakan menjadi media pembelajaran di SD Negeri Talun.
References
Adhalia, K. W., Darminto, B. P., & Darmono, P. B. (2022). Pengembangan video pembelajaran motion graphic pada materi bangun datar. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 73-83.
Astuti, I. A., & Athaya, S. N. (2023). Animasi motion graphic sebagai media pembelajaran sistem tata surya untuk siswa kelas 6 sekolah dasar. Jurnal Teknologi Informasi dan Multimedia, 4(4).
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi Function and Type of Learning Media in Accounting Learning. In Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia: Vol. XVI (Issue 1).
Ayuni, R. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis video animasi motion graphic pada materi sistem ekskresi manusia kelas VIII di MTsN 2 Aceh Besar (Skripsi, UIN Ar-Raniry).
Efendi, Y. A., Adi, E. P., & Sulthoni, S. (2020). Pengembangan media video animasi motion graphics pada mata pelajaran IPA di SDN Pandanrejo 1 Kabupaten Malang. Jurnal Inovasi dan Teknologi Indonesia, 6(2).
Fauzi, M. F., & Wibowo, T. S. (2021). Perancangan video animasi 2D “Metamorfosis Katak” menggunakan teknik motion graphic sebagai media pembelajaran. Information System Journal (INFOS), 4(2)
Jasmine, N., & Supriatna, N. (2022). Meningkatkan kreativitas siswa melalui video digital pada pembelajaran sejarah. FACTUM: Jurnal Sejarah dan Pendidikan Sejarah, 11(1), 1-8.
Kurniawan, D. C., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). P engembangan media video pembelajaran pada mata pelajaran IPA tentang sifat dan perubahan wujud benda kelas IV SDN Merjosari 5 Malang. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 4(2), 119-125. http://dx.doi.org/10.17977/um031v4i22018p119
Nugraha, D. (2022). Pengembangan media digital berbasis motion graphic pada pendalaman materi IPS sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3649-3656. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2642
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. DOI : 10.33511/misykat.v3i1.52
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 03(2). DOI : 10.24952/fitrah.v3i2.945
Purwanti, A., & Haryanto, H. (2015). Pengembangan motion graphic pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas I sekolah dasar. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 190-200. DOI : 10.21831/tp.v2i2.7609
Rusdiansyah, S., & Leonard, L. (2020). Pengembangan media pembelajaran motion graphic matematika berbasis Android pada siswa kelas V SD semester 1. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2). https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6996
Sapriyah, S. (2019). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 470-477.
Solihatini, I. T. (2021). Pengembangan media video motion graphic dalam pembelajaran menulis pantun pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(2). Universitas Pendidikan Indonesia. https://doi.org/10.33369/diksa.v7i2.20986
Sudarmoyo. (2020). Podcast sebagai alternatif media pembelajaran jarak jauh. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 65-73. https://doi.org/10.32585/edudikara.v5i2.212
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D.